5 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Anak

  • Whatsapp
5-Rekomendasi-Mainan-Edukatif-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Anak
Foto dari Canva Pro

Orangtua harus paham bahwa masa kanak-kanak merupakan momen anak lebih suka bermain daripada belajar. Namun, Anda bisa menemani si kecil bermain sekaligus belajar, lho! Pilih mainan edukatif yang bisa memberikan pembelajaran pada anak-anak sehingga mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Pilih jenis mainan edukatif di Toys Store yang bisa disesuaikan dengan perkembangan usia si kecil. Kira-kira mainan edukatif apa saja yang bisa Anda berikan untuk buah hati?

Jenis mainan edukatif untuk anak

Buat Anda yang baru menjadi orangtua, pastikan tidak sembarangan memilih mainan untuk anak. Pertimbangkan jenis mainan yang bisa memberikan nilai edukasi lebih untuk perkembangan kecerdasan. Berikut ada 5 jenis mainan yang wajib Anda berikan untuk anak :

1. Kartu bahasa

Anda pasti tidak asing dengan kartu bahasa yang bisa diberikan kepada si kecil sejak usia dini. Anak usia 1 tahun sudah mulai suka mencoba hal-hal baru sehingga Anda bisa mengenalkan kosakata binatang, buah, sayuran, dan lain-lain. Untuk anak yang sudah berusia lebih dari 3 tahun, pilih jenis kartu bahasa yang bisa mengenalkan angka dan huruf.

2. Permainan balok

Anak mana yang tidak suka susun balok? Anda bisa membeli permainan balok di Toys Store untuk si kecil. Terbuat dari material yang berkualitas, mainan balok bisa digunakan anak tanpa khawatir cepat rusak dan memicu alergi. Mainan balok bisa membantu kecerdasan anak dalam rancang susun bangunan.

Biarkan si kecil aktif dan kreatif membuat karya dari susunan balok kayu ini. Tak hanya bisa meningkatkan konsentrasi dan kreativitas anak, mainan susun balok bisa meningkatkan sosialisasi anak-anak. Mainan bisa digunakan bersama dengan saudara atau teman-teman di sekitar.

3. Lego

Selain susun balok, Anda juga wajib memberikan mainan edukatif yang hampir sama yaitu lego. Kepingan bentuk yang terpisah bisa menginspirasi anak untuk menciptakan bangunan atau benda sesuai imajinasi. Anda bisa membantu anak menciptakan benda tertentu atau ikut mengembangkan imajinasi dan kreativitas si kecil lewat mainan ini.

4. Puzzle

Biarkan anak belajar ilmu konstruksi dengan memberikan mainan edukatif berupa puzzle. Dewasa ini, ada berbagai macam bentuk puzzle yang bisa Anda jumpai di toko mainan seperti puzzle batangan, konstruksi angka dan alfabet, logika, dan lain-lain. Miliki puzzle dengan tema menarik yang bisa meningkatkan kecerdasan pikir si kecil, ya!

Puzzle bisa diberikan pada anak sejak usia dini dengan pemilihan tema lebih ringan seperti menyusun gambar buah atau hewan. Pengenalan warna, bentuk dan ukuran bisa membuat si kecil memiliki potensi cerdas sejak dini.

5. Ular tangga

Untuk anak-anak yang sudah agak besar, permainan ular tangga bisa menjadi salah satu mainan edukatif. Tidak hanya bisa memberikan hiburan, anak-anak bisa belajar angka, penghitungan dan pengurangan, serta nilai moral untuk antri menunggu giliran bermain.

Anak-anak bisa belajar tentang kesabaran, pantang menyerah dan menerima kekalahan atau kemenangan saat bermain game seru ini. Permainan edukatif akan mendukung dan membentuk kepribadian si kecil lebih baik kelak.

Berbagai mainan edukatif bisa Anda dapatkan di Toys Store sebagai supplier mainan yang berkualitas. Dapatkan harga mainan berlabel SNI lebih murah dari tempat lain, lho! Tak perlu keluar rumah selama masa pandemi sebab Anda bisa memesan produk mainan di toko online saja. Tinggal klik dan bayar, maka pesanan akan langsung dikirim ke alamat Anda, lho! Anda bisa memanfaatkan waktu pembatasan jarak dan aktivitas fisik dengan bermain bersama anak di rumah saja, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *