5 Tips Beli Mobil Hatchback Suzuki Swift Bekas

  • Whatsapp
5-Tips-Beli-Mobil-Hatchback-Suzuki-Swift-Bekas
Foto dari suzuki

Saat mendengar kata mobil hatchback, mobil apa yang terpikirkan oleh Anda? Saat ini tipe mobil hatchback memang sangat disukai, apalagi harga mobil bekas murah memberi kesempatan membeli tipe mobil ini dengan harga lebih bersahabat.

Salah satu opsi pilihan untuk mobil hatchback alternatif adalah Suzuki Swift. Mobil pabrikan Suzuki ini punya berbagai keunggulan, baik dari segi desain maupun kemampuan dapur pacunya. Swift sendiri sudah mengalami berbagai perubahan sejak mobil tipe ini rilis pada tahun 2000-an. Salah satunya di bagian mesin yang kapasitas mesinnya turun, tapi justru lebih irit BBM.

Read More

Tips Membeli Mobil Hatchback Suzuki Bekas

Memiliki Suzuki Swift tidak perlu baru, karena mobil bekasnya pun masih memiliki kondisi menjanjikan. Dengan membeli mobil bekas Anda dapat menghemat pengeluaran. Namun, harus selalu teliti sebelum membeli. Kenali hal-hal penting sebagai syarat membeli sebuah mobil hatchback bekas, yaitu:

1. Cek Bagian Kompresor AC

Komponen teknis harus menjadi hal yang dicek pertama kali saat hendak membeli mobil hatchback bekas. Pertama cek bagian kompresor AC karena bagian ini paling sering mengalami kerusakan atau malfungsi. Jika ada suara kasar pada kompresor AC berarti ada kerusakan di bagian tersebut.

2. Cek Bagian Rack Steering

Harga mobil bekas murah memang jauh lebih murah dibandingkan yang baru, tapi bukan berarti Anda tidak akan mengeluarkan biaya perbaikan besar setelah membeli. Oleh sebab itu, harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Bagian rack steering merupakan bagian yang harus Anda cek kondisinya, apakah ada suara pada bagian sekitar setir atau tidak. Jika terdapat suara di dekat bagian setir bisa jadi bagian rack steering mengalami kerusakan.

3. Cek Kaki-kaki Suzuki Swift

Bagian selanjutnya yang harus Anda cek adalah bagian kaki-kaki. Pada bagian ini dapat dicek saat Anda mencoba melajukan mobil. Perhatikan apakah bagian tersebut terdengar suara bergemuruh atau tidak. Suara bergemuruh merupakan tanda kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil hatchback.

4. Cek Transisi Otomatis

Jika mobil Suzuki Swift bekas yang Anda incar adalah jenis transisi otomatis, maka bagian ini harus dicek saat hendak membeli. Pastikan transmisi tidak terasa menghentak ketika melakukan perpindahan dari posisi P, R, N, dan D.

Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini budget perbaikan yang diperlukan cukup besar sehingga sebaiknya Anda diskusikan pengurangan harga dengan penjual. Bisa juga mencari mobil lain untuk dibeli.

5. Pengecekan Non-Teknis

Bukan hanya bagian fisik yang harus Anda cek mulai dari eksterior, interior, hingga fungsi mesin dan fitur lainnya di dalam Suzuki Swift, tapi juga perlu melakukan pengecekan pada hal-hal non-teknis.

Pertama, Anda harus cek histori di buku service, apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan perawatan, penggantian oli, atau pernah dilakukan perbaikan besar atas mobil tersebut.

Kedua, cek apakah mobil pernah terlibat kecelakaan dan seberapa besar kecelakaan tersebut. Kebanyakan pemilik akan menutupi hal ini, tapi Anda bisa mengetahuinya dengan mengecek histori servis atau melihat dari bentuk eksterior mobil.

Ketiga, pastikan mobil tidak pernah terendam banjir karena ini akan sangat menurunkan kualitas mobil tersebut. Keempat, cek lampu indikator pada instrumen panel, sebab Suzuki Swift menggunakan banyak sistem elektronik, indikasi permasalahan dapat dilakukan dengan pengecekan sistem elektronik melalui instrumen panel.

Kelima, cek apakah surat-surat kendaraan yang diberikan oleh pemilik sebelumnya asli atau tidak. Bisa dengan cara mengecek nomor kendaraan yang tertera dalam surat. Hal ini penting agar Anda tidak terjebak membeli mobil curian.

Membeli mobil bekas memang lebih menguntungkan, karena harga mobil bekas murah jika dibandingkan dengan baru. Namun, pastikan ketika membeli mobil bekas Suzuki Swift melakukan pengecekan menyeluruh. Bagi Anda yang ingin beli mobil bekas berkualitas bisa kunjungi laman seva.id. Pelayanan yang diberikan mencakup penjualan di seluruh Indonesia, termasuk penjualan mobil bekas Pekanbaru dan wilayah sekitarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *