Intip 5 Risiko Pemilihan Sendok Makan Bayi yang Salah Bersama SehatQ

  • Whatsapp
Intip-5-Risiko-Pemilihan-Sendok-Makan-Bayi-yang-Salah-Bersama-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Ketelitian memilih alat makan untuk bayi sangatlah penting. Ternyata peralatan makan tidak bisa dianggap sepele karena bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh si kecil. Sendok makan bayi menjadi salah satu peralatan yang wajib dipersiapkan dan dipilih yang terbaik demi kelancaran makan buah hati.

Memakai Sendok yang Salah

Penggunaan jenis sendok yang salah ternyata bisa mendatangkan banyak jenis risiko. Tak heran jika banyak sekali referensi yang menyebutkan bahwa pemilihan sendok makan untuk si kecil harus dilakukan baik-baik. Berikut ini adalah 5 risiko yang bisa muncul jika Anda menggunakan jenis sendok yang salah untuk si kecil.

Read More

1. Rongga Mulut Terluka

Sendok yang tidak tepat akan membuat rongga mulut begitu mudah terluka. Hal ini khususnya jika Anda memilih produk sendok yang tidak memakai bahan lembut. Selain itu sendok dengan bagian yang tajam juga meningkatkan risiko terjadinya luka. Luka ini bisa terjadi di beberapa titik dalam rongga mulut seperti lidah, bagian dalam pipi, gusi, juga bibir.

Jika muncul luka maka akan sangat mengganggu kenyamanan si kecil. Bayi akan lebih mudah rewel jika ada luka yang ia rasakan di dalam mulutnya. Luka ini juga bisa berkembang menjadi sariawan yang akan membuat ia sulit untuk makan. Jika mulai sulit makan maka akan berbahaya bagi anak karena bisa menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuhnya.

2. Kesulitan Memasukkan Makanan

Sendok makan yang tidak tepat juga akan membuat si kecil kesulitan untuk memasukkan makanan ke mulut. Saat sang ibu menyuapi bayi, maka secara otomatis bayi juga harus berusaha membuka mulut dan memasukkan makanan tersebut. Jika desain sendok yang digunakan tidak pas dan ukurannya terlalu lebar maka sulit juga untuk memasukkan makanan tersebut.

Desain sendok yang bagus dan nyaman akan mempermudah orang tua juga bayi untuk memasukkan makanan ke mulut. Jika proses ini berjalan mudah dan lancar maka si kecil juga pasti akan merasa nyaman. Ia jadi mengenal aktivitas makan sebagai suatu proses yang menyenangkan.

3. Lidah Terbakar

Sendok makan bayi yang salah juga berpotensi menyebabkan lidah terbakar. Hal ini terjadi saat Anda memilih produk sendok yang tidak tahan panas atau menyalurkan panas. Saat dipakai untuk makan makanan bersuhu tinggi, bisa saja sendok menyerap panas. Jika sendok membawa panas maka akan berpeluang tinggi untuk menyebabkan luka terbakar pada lidah.

4. Bahan Kimia Ikut Termakan

Sendok yang tidak bebas bahan kimia akan sangat berbahaya bagi tubuh bayi Anda. Jika sendok tidak dipilih secara cermat, maka bisa saja sendok tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Hal ini jelas tidak akan bagus bagi tubuh anak karena bahan kimia bisa ikut termakan dan mengganggu kesehatan jangka panjang.

5. Kesulitan Makan Sendiri

Pemakaian sendok makan yang salah akan membuat bayi kesulitan belajar makan sendiri. Di usia tertentu, sebaiknya segera ajarkan anak untuk mulai menyantap makanan tanpa bantuan. Jika sendok yang digunakan memiliki desain tepat dan sangat aman dipakai, maka proses belajar ini akan berjalan lancar. Anak jadi lebih bersemangat dan mengenal makan sebagai aktivitas yang mudah dilakukan.

Itulah tadi 5 risiko yang mungkin terjadi akibat kesalahan pemilihan sendok makan untuk bayi. Anda bisa membaca rekomendasi maupun review produk alat makan bayi di SehatQ. Temukan beragam informasi menarik seputar gaya hidup juga kesehatan di SehatQ. Anda juga bisa memanfaatkan fitur telemedicine yang disediakan di sana.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *